Siti
Nur Apriyani
Departemen
Manajemen
Fakultas
Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
Kuliah
Perilaku Konsumen IKK233 Sep 2014-Jan 2015
Department
of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural
University IPB
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan,
MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati
simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text
Book:
Ujang
Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.
Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
Catatan Kuliah Pertama
Saya Siti Nur Apriyani
mahasiswa Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut
Pertanian Bogor.
Pada
hari Rabu, 3 September 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai
Minor. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen,
yaitu Dr Ir Lilik Noor Yuliati,
MFSA.
Proses mengenali perilaku konsumen tidaklah mudah,
diperlukan pemahaman terhadap kognisi, pengaruh, perilaku, dan kejadian yang dialami
oleh konsumen tersebut. Menurut Schiftman dan Kanuk, Perilaku Konsumen adalah
perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi dan menghasilkan produk barang dan jasa yang diharapkan dapat
memuaskan kebutuhan mereka. Secara sederhana, perilaku konsumen adalah tindakan
yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengonsumsi, dan menghabiskan produk
atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan
ini.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
dikelompokan menjadi dua yaitu faktor perbedaan individu dan faktor lingkungan.
Faktor perbedaan individu berasal dari dalam diri seorang konsumen, misalnya
motivasi dan kebutuhan, kepribadian, konsep diri dan pola konsumsi, pengolahan
informasi dan persepsi, pengetahuan, proses belajar dan sikap. Sedangkan faktor
lingkungan terbentuk sebagai akibat keadaan lingkungan pada saat itu, misalnya
agama, budaya, sosial ekonomi, keluarga dan Rumah Tangga, karakteristik
demografi, kelompok acuan, lingkungan dan situasi, dan pengaruh teknologi.
Sebagai seorang Konsumen kita dapat berperan sebagai
pembeli, pengguna, pengambil keputusan dan juga sebagai pelanggan. Dalam
menentukan objek pembelian, biasanya konsumen memperhatikan harga, kualitas dan
merk. Selain itu, persepsi, sikap, gaya hidup dan motivasi turut berpengaruh
besar terhadap perilaku seorang konsumen. Seiring berkembangnya teknologi, perilaku
konsumen di dunia tidak lagi mengenal batasan geografi dan budaya. Pengaruh
teknologi juga berdampak pada bidang ekonomi dan perdagangan yang semakin
meluas.
Perspektif riset perilaku konsumen ditentukan oleh
tiga hal, yaitu pengambilan keputusan, eksperiensial (pengalaman), dan pengaruh
behavioral. Pengambilan keputusan ini dilakukan oleh konsumen melalui
serangkaian aktivitas pembelian secara rasional. Berdasarkan eksperiensial,
konsumen seringkali membeli suatu produk karena alasan untuk kegembiraan, fantasi
ataupun emosi. Sedangkan, pengaruh behavioral dipengaruhi oleh pemasaran yang
dilakukan oleh produsen, faktor lingkungan fisik, faktor lingkungan ekonomi,
dan Undang-undang.
Disiplin Perilaku Konsumen merupakan salah satu
landasan teori mikro yang sangat esensial yang dikenalkan sebelum memahami teori
permintaan dan struktur pasar serta tidak diuji secara empiris. Didalam
disiplin ilmu ini juga dimasukan elemen-elemen psikologi dalam pengambilan
keputusan konsumen.
Komentar
Posting Komentar